RAKYAT NEWS, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan pembahasan Rancangan Undang-undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) ditargetkan rampung hari ini, Jumat (15/3/2024).

“Pembahasan akan dilaksanakan hari ini. Mudah-mudahan saja selesai pada tingkat satunya, mudah mudahan selesai hari ini,” katanya, dikutip dari detiknews.

Menurutnya, terkait banyaknya isu yang berkaitan dengan hal ini, posisi pemerintah menolak aturan gubernur dan wakil gubernur ditunjuk langsung oleh presiden.

“Kemudian sudah banyak isu yang sudah disepakati dibahas. Jadi nanti kita ikuti saja, yang jelas posisi pemerintah adalah gubernur dan wakil gubernur DKI tetap seperti sekarang dipilih,” ujarnya.

Dia menjelaskan tentang kawasan aglomerasi. Dengan ini, perlu adanya evaluasi terkait infrastruktur dan kendala operasional yang ada di Kota Jakarta.

“Jakarta ini adalah suatu keniscayaan, sudah menjadi satu, tidak memiliki batas alam dengan wilayah sekitarnya. Sehinga banyak masalah-masalah bersama seperti masalah banjir, masalah transportasi, masalah sampah, polusi dan segala macam,” jelasnya.

Dengan ini, ia menyepakati pengembalian Dewan Aglomerasi yang akan ditunjuk langsung oleh presiden. Untuk semua ketentuannya akan diatur melalui Keputusan Presiden.

“Singkat saja isinya, pasalnya, Dewan Aglomerasi akan ditunjuk oleh presiden dengan keputusan Perpres, udah singkat gitu aja. Seperti apa nanti komposisinya semua diserahkan pada presiden,” pungkasnya.