RAKYAT NEWS, JAKARTA – Calon Wakil Presiden Nomor Urut 3 Mahfud MD menilai adanya upaya sistemik di balik wacana ‘koalisi permanen’ di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Menurutnya, hal itu tidak menutup peluanga pergerakan oposisi.

“Sejauh yang saya tangkap koalisi besar tidak menutup peluang adanya oposisi membuat mayoritas yang sistemik,” katanya, Kamis (14/3/2024), dikutip dari CNN Indonesia.

Hanya saja, dia tidak banyak komentar soal itu dan lebih memilih untuk menunggu perkembangan selanjutnya.

“Tapi terserah apakah itu bagus atau tidak, nanti sambil diskusi menunggu perkembangan,” ucapnya.

Wacana koalisi permanen ‘Barisan Nasional’ atau ‘Barisan Rakyat’ sebelumnya disampaikan Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jeffrie Geovanie. Dia mengaku ingin meniru Malaysia.

Dalam koalisi tersebut, dia mendorong para tokoh besar untuk memperkokoh koalisi permanen pada partai tingkat pusat hingga daerah.

“Saya berkali-kali bilang sama tokoh, penting kita lahirkan sebuah konsep koalisi permanen yang bisa kita tiru nama seperti barisan nasional di Malaysia. Atau kita bisa pakai nama barisan rakyat,” kata Jeffrie di kanal YouTube Podcast Zulfan Lindan Unpacking, yang diunggah 1 Maret lalu.

Menurutnya, gagasan ini bisa dipelopori terlebih dulu oleh partai-partai besar dan bisa harus menyisakan satu atau dua parpol yang menjadi oposisi.