RAKYAT.NEWS, BONDOWOSO – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan peninjauan budidaya ikan sistem bioflok di Pondok Pesantren Al Ishlah, Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, Sabtu (30/3/2024).

KKP terus mendukung budidaya tersebut untuk meningkatkan ketahanan pangan dan pemenuhan gizi para santri, juga menumbuhkan jiwa kewirausahaan.

“Budidaya ikan sistem bioflok ini sangat menjanjikan keuntungan dan dapat menopang ketahanan pangan dan peningkatan gizi di kalangan santri. Apabila dilakukan sesuai dengan tahapan prosedur budidaya yang benar,” ungkap Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono.

Budidaya ikan sistem bioflok di pesantren tersebut terus tumbuh. Jumlahnya bertambah dua kali lipat dari yang semula sebanyak delapan kolam yang diberikan KKP empat tahun lalu. Ukuran kolam bioflok rata-rata berdiameter 3 meter.

“Apabila usaha budidaya ikan dengan sistem bioflok ini bisa terus berkembang, KKP punya LPMUKP untuk meningkatkan kapasitas permodalan UMKM sektor kelautan dan perikanan. Nah kalau sudah memenuhi kriteria dan optimistis usaha budidaya ikan sistem bioflok berkelanjutan dan berkembang, bisa mengajukan permohonan pinjaman BLU LPMUKP. Nantinya skala usahanya dapat menjadi besar,” kata Sakti.

Direktur Jenderal Perikanan Budi Daya, Tb Haeru Rahayu juga menyampaikan bahwa budidaya ikan sistem bioflok merupakan teknologi untuk memicu peningkatan produktivitas perikanan dan ketahanan pangan berprotein. Tentunya secara otomatis juga menghadirkan peluang untuk keterlibatan masyarakat yang lebih banyak.

“Budidaya ikan sistem bioflok di pondok pesantren ini sangat pas, agar asupan protein para santri lebih terpenuhi, karena anak-anak di pondok pesantren adalah anak-anak usia tumbuh yang membutuhkan protein tinggi untuk tumbuh kembang dan kecerdasan,” kata Haeru.

Kata Haeru, selain dikonsumsi santri, juga dapat menumbuhkan jiwa entrepreneur para santri sebagai bekal masa depannya sehingga ketika tamat dari pesantren bisa secara mandiri memenuhi kebutuhan pangan sekaligus usaha melalui budidaya ikan sistem bioflok.