RAKYAT NEWS, JAKARTA – Usai menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh di bulan Ramadhan 1445 Hijriah, ribuan masyarakat menunaikan sholat Idul Fitri di jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur pada Rabu (10/4/2024).

Rohmani sebagai khotib dalam khotbahnya mengingat umat muslim saat kumandangkan takbir di hari kemenangan, artinya dirinya juga sedang Tasbih, Tahmid, Takbir kepada Allah Swt.

Menurutnya, hal dilakukan merupakan bentuk tanda rasa syukur umat muslim kepada Allah Swt.

Terdapat dua hal yang perlu diketahui, yaitu pertama mensyukuri karena dapat menjalankan perintah allah Swt dengan berpuasa satu bulan penuh.

“Puasa tidak makan minum karena perintah Allah swt, di waktu malam melaksanakan sholat tarawih, tilawah quran,” tutur Rohmani.

Sudah jelas, kata dia, berdasarkan hadist Rasulullah SAW menyatakan barang siapa berpuasa karena iman berharap akan ampunan dosa masa lalu.

Kemudian, Allah Swt telah mewajibkan bagi orang beriman melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan adalah sebuah ketakwaan.

Ditegaskan oleh Rohmani, bahwa usai bulan ramadhan ini umat muslim agar merawat ketakwaan.

“Puasa bukan sekedar makan dan haus saja seperti janji allah akan memperoleh takwa,” imbuhnya.

Alasan, umat muslim harus mampu merawat ketakwaannya. Karena akan mempunyai sikap kehatian-hatian, rajin beramal serta menjauhi semua larangan allah swt.

“Takwa akan menyelamatkan orang kaya, orang miskin, sakit, sehat dan dalam keadaan apapun di dunia akhirat,” terang Rohani.

Sebab, ia mengatakan umat manusia sering menyesali masa lalu juga mengkhawatirkan masa depan.

“Karena takut gagal, miskin dan hal negatif lainnya,” ungkap, Rohmani.

Dengan begitu, ketakwaan akan membantu pemikiran semua itu semua. Selalu ada rasa optimis hidup akan janji Allah Swt tersebut.