RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mengharapkan seluruh jajaran untuk mengawali hari-hari ke depan dengan semangat luar biasa dalam menuntaskan berbagai program dan rencana aksi yang sudah ditetapkan dan dijalankan.

Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), berpesan kepada seluruh pegawai Kementerian ATR/BPN bisa menjalankan leadership, manajemen yang efektif, menggunakan hati dan pikiran, serta menyentuh para pegawai secara profesional dan humanis.

“Tantangan terbesar kepemimpinan adalah bagaimana kita bisa menjadi pimpinan yang tegas, kokoh pada nilai dan prinsip tapi juga punya fleksibilitas untuk bisa membaca situasi, bisa adaptif serta responsif, dan tidak boleh kaku hanya hitam dan putih. Dalam menjalankan tugas kita perlu kebijaksanaan karena itulah hakikatnya kehidupan kita,” kata AHY saat Halalbihalal di Kementerian ATR/BPN, pada Selasa (16/4/2024).

“Saya rasa kalau Bapak/Ibu, kita semua, selalu menjaga integritas dan terus meningkatkan kapasitas diri kita insyaallah bisa bukan hanya mencapai tugas tapi juga membawa seluruh keluarga besar ATR/BPN ini lebih baik lagi, termasuk kesejahteraannya,” ucapnya.

Kepada jajarannya, terutama para pegawai muda, AHY berpesan agar tetap bekerja sungguh-sungguh demi hasil kerja berkualitas.

“Biasakan perhatikan yang detail, dari hal yang kecil kita bisa melatih diri kita untuk mempersiapkan hal yang besar, disiplin, teliti itu kuncinya. Pelajarannya adalah jangan abaikan hal-hal kesalahan-kesalahan kecil, administrasi, maupun substansi, ini berlaku untuk birokrasi maupun produk legislasi,” ucapnya.

Ia juga menekankan untuk selalu memegang teguh nilai-nilai Kementerian ATR/BPN. “Jadi para pegawai kita semua harus menjunjung tinggi etika sekaligus kinerja. Mudah-mudahan sesuai dengan moto kita, bukan hanya jargon tapi menjadi core values kita,” kata dia.