RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Co Captain Tim Nasional Anies-Muhaimin, Sudirman Said menyebut Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri kemungkinan akan bertemu dengan Jusuf Kalla (JK) setelah putusan sengketa Pilpres 2024.

“Saya sih menduga semua pihak (JK dan Megawati) sedang saling menghormati. Dan begitu sidang MK (selesai), mungkin memang sebaiknya tokoh-tokoh bangsa itu bertemu,” ujar Sudirman di kediamannya, Brebes, Jawa Tengah, Jumat (19/4/2024), mengutip Kompas.com.

Sudirman menyebut, pertemuan Megawati dan JK dinilai penting untuk memberikan contoh persatuan para tokoh setelah Pilpres usai.

Saat ini, menurut Sudirman, negara sedang mengalami luka yang dalam akibat demokrasi dan kondisi ekonomi yang sedang tidak baik-baik saja.

Begitu juga kondisi geopolitik dunia yang dinilai mengharuskan kepala pemerintahan bersikap matang dan didukung oleh semua pihak.

“Siapapun yang jadi presiden berdasarkan putusan MK besok apakah diteruskan dengan sidang angket (atau tidak), tapi menurut saya sudah ada batas dan karena presiden adalah kepala negara ya mesti ditata, bukan hanya pemerintah, tapi negara secara keseluruhan,” ujar Sudirman.

Selain pertemuan JK-Megawati, Sudirman juga berharap agar calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan bisa bertemu dengan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto setelah sidang sengketa pilpres di MK selesai.

“Kalau tidak ada perubahan signifikan artinya Pak Prabowo menjadi presiden, wajar saja kalau para calon presiden yang tidak menang menyambut dengan selamat,” tuturnya.

Sudirman mengatakan, pertemuan Anies dan Prabowo bisa menjadi tradisi yang baik dalam berdemokrasi di Indonesia.