LUTRA – Kegiatan pemupukan adalah hal paling penting dilakukan terhadap berbagai tanaman, termasuk padi, agar kebutuhan nutrisi tanaman terpenuhi. Ini penting agar proses fisiologi dan metabolisme berjalan baik, sehingga hasil yang didapatkan meningkat.

Baca Juga: Semarak Hari Jadi Sulsel ke-535, Diskop UKM Gelar Halal Fest

Namun, pemupukan yang biasa dilakukan adalah secara manual dengan cara menebar atau melakukan penyemprotan. Cara ini tentu membutuhkan waktu yang lama serta menggunakan tenaga yang tidak sedikit, sehingga dibutuhkan teknologi baru untuk menyiasatinya.

Seorang Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) asal Kabupaten Luwu Utara mencoba menggunakan teknologi baru dengan memakai jasa drone atau pesawat tanpa awak. Dengan drone tersebut, ia tak perlu menggunakan banyak waktu berjalan mengelilingi sawah.

Dengan drone pula, pemupukan bisa dilakukan hanya duduk di tempat, tak perlu mengitari sawah. Adalah Muhammad Ilham, PPL Masamba, yang dikenal sebagai penyuluh pertanian yang penuh kreasi dan inovasi. Tak heran berbagai apresiasi ia terima dari pemerintah.

Dalam uggahan-nya di media sosial, Facebook, 5 Oktober 2022, Ilham mengeposkan sebuah aktivitas pemupukan. Di mana ia tampak menggunakan drone untuk melakukan penyemprotan. Aktivitas Ilham ini menyita perhatian warganet. Semuanya memuji kreativitas dia.

“Mencoba teknologi baru. Hemat waktu dan tenaga,” tulis Ilham dalam unggahannya tersebut. Sontak unggahan itu dibanjiri warganet. Tak hanya memuji, sebagian bahkan ada yang bertanya alat itu apa, tujuan untuk apa. Berbagai tanya pun dijawab.

Drone yang digunakan untuk membawa wadah dengan kapasitas 10 liter untuk lahan sawah seluas 1 hektar.

“Ini baru tahap ujicoba, belum dipasarkan,” tulis Ilham menanggapi pertanyaan salah seorang warganet yang mengaku penasaran dan tertarik dengan inovasi tersebut.