JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir memaparkan hasil bahwa Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden mendukung Indonesia menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dunia, salah satunya melalui akselerasi transisi energi yang menjadi perhatian dunia, termasuk AS.

Baca Juga: Ekonomi Indonesia Terbaik Diantara Negara G20

Erick mengatakan, Biden berkomitmen mendukung perekonomian Indonesia menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dunia.

 

“Biden juga berkomitmen mendukung perbaikan dan pengembangan ekonomi Indonesia sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dunia,” kata Erick dilansir dari CNNIndonesia.com.

 

Berdasarkan pengakuan Erick, Biden juga mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di G20. Biden menilai Indonesia memiliki potensi besar untuk maju sebab memiliki sumber daya alam (SDA) melimpah dan sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

 

“Tadi juga Biden mengharapkan peran di Indonesia sebagai pemimpin Asia Tenggara dan berharap Indonesia dapat mempererat hubungan negara-negara di Asia Tenggara dengan AS,” ucap Erick.

 

Pertemuan ini dilakukan jelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar di Bali pada 15-16 November 2022 besok.

 

Lanjut Erick, Jokowi juga mengapresiasi kehadiran Biden di KTT G20.

 

“Alhamdulillah, Bapak Presiden Jokowi telah bertemu dengan Presiden AS Joe Biden. Bapak Presiden tadi sangat mengapresiasi atas kehadiran Biden untuk menghadiri KTT G20 di Bali,” paparnya.

 

Biden tiba di Bali pada Minggu (13/11). Ia pun mengaku senang telah diundang ke Indonesia pertemuan KTT G20.

 

“Senang bertemu lagi dengan Anda (good to see you again), saya sangat senang menyambut Anda di Gedung Putih beberapa waktu lalu,” kata Biden.