JENEPONTO, RAKYAT NEWS – Sekretariat Panwaslu Kecamatan Binamu didatangi oleh dua sosok istimewa yakni Bachtiar Adnan Kusuma sebagai pegiat literasi nasional dan juga penulis buku serta Hasrul Palinrungi selaku Ketua Umum Perkumpulan Penyandang Disabilitas (PPDI) Kabupaten Jeneponto, Kamis (23/2/2023).

Ketua PPDI Kabupaten Jeneponto Hasrul Palinrungi yang akrab disapa Daeng Bani sudah mengkonfirmasi beberapa hari sebelumnya jika akan berkunjung ke sekretariat Panwaslu Binamu, untuk bersilaturahmi dan menyampaikan beberapa harapan terkait komunitas PPDI yang saat ini sudah terdaftar sebanyak 825 anggota tersebut di 11 kecamatan dan berkeinginan untuk berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pemilu 2024.

Lebih lanjut Daeng Bani yang juga mantan relawan demokrasi mengungkapkan kehadirannya kantor Panwaslu Binamu, ingin mendaftarkan PPDI sebagai mitra pemantau pemilu 2024, guna dapat memastikan anggota PPDI terdaftar sebagai mana warga negara pada umumnya.

Sehingga menempatkan TPS yang mudah di jangkau dan tersedia fasilitas yang memudahkan penyandang disabilitas untuk menyalurkan hak suaranya. Secara khusus Dg. Bani mengungkapkan ada fakta di lapangan belum memperhatikan Formulir C3 di mana pihak keluarga tidak diberi kesempatan mendampingi pemilih disabilitas di dalam mencoblos surat suara, ungkapnya.

Oleh karena itu, Hasrul sangat berharap penyelenggara pemilu, KPU maupun Bawaslu untuk dapat memperhatikan dan membantu memfasilitasi harapan dari kami para penyandang disabilitas di kabupaten Jeneponto.

Dalam kesepakatan yang sama Kakanda BAK sapaan akrab Bachtiar Adnan Kusuma, mengapresiasi kepada Panwaslu Binamu yang membuka ruang interaksi Inklusi bagi semua pihak.

Dalam kesepakatan ini juga, BAK berkesempatan menyampaikan pentingnya mengembangkan gagasan literasi, khususnya literasi kepemiluan, sebagai penyelenggara harusnya lebih berhati hati dalam men-share berita berita di grup grup WA atau medsos.