JENEPONTO, RAKYAT NEWS – Panwaslu Kecamatan Binamu hadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) yang berlangsung di Aula kantor Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Rabu (10/5/2023).

Rapat Pleno rekapitulasi hasil perbaikan DPS dilakukan sesuai tahapan pemutakhiran daftar pemilih bertujuan melakukan perbaikan DPS berdasarkan masukan, saran perbaikan masyarakat dan pengawas pemilu maupun temuan langsung penyelenggara pemilu PPK dan PPS data pemilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

“Alhamdulillah saat ini kami sudah menindaklanjuti semua masukan, saran perbaikan maupun temuan data perbaikan daftar pemilih dan sementara kita sinkronkan di aplikasi sidalih KPU Jeneponto,” tutur Ketua PPK Binamu Hamsar, S.Pdi., M.Pd.

Namun lanjutnya, sekalipun demikian bahwa data tersebut sudah sinkron dengan aplikasi Sidalih KPU Jeneponto, pihaknya menegaskan bahwa kami tetap terbuka jika masih ada temuan perbaikan data dari masyarakat maupun pengawas pemilu, tegasnya.

Rakyat News

Hamsar juga memuji sikap dan konsistensi teman teman pengawas pemilu kecamatan Binamu dan jajarannya atas pengawalan yang dilakukan dalam perbaikan data pemilih.

“Kami sangat bangga pada teman-teman Panwaslu Kecamatan Binamu yang bekerja secara baik sekaligus memberi dukungan dalam bentuk surat imbauan, saran perbaikan, pengawasan langsung pencegahan dilapangan bersama penyelenggara teknis, dan ini luar biasa,” pungkasnya.

Berdasarkan rekapitulasi perhitungan DPSHP sebagaimana termuat dalam lampiran berita acara pleno PPK yang diterima pimpinan panwaslu Binamu A. Ninik Angraeni M, disampaikan bahwa rekapitulasi daftar pemilih DPSHP se Kecamatan Binamu, Jumlah Kel/Desa 13, jumlah TPS 164, untuk pemilih aktif sebanyak 45.630.

Adapun pemilih baru berjumlah 85, pemilih tidak memenuhi syarat 787 dan perbaikan data pemilih sebanyak 550, sedangkan jumlah pemilih potensial non KTP-El sebanyak 871.

Diketahui bahwa rapat pleno terbuka rekapitulasi DPSHP Pemilu 2024 ini dihadiri semua unsur peserta perwakilan Pemerintah Kecamatan Binamu, Koramil 01 Binamu, Perwakilan Parpol, dan Pimpinan Panwascam Binamu. (Oji)