JENEPONTO, RAKYAT NEWS – Pemerintah Kabupaten Jeneponto terus mendorong Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Jeneponto untuk terus meningkatkan pelayanan air minum yang memenuhi prinsip kualitas, kuantitas dan kontinuitas kepada masyarakat.

Dewan Pengawas PDAM Jeneponto, Rahman Nara, mengatakan bahwa masyarakat Kabupaten Jeneponto harus mendapat akses pada ketersediaan air, baik itu di rumah, fasilitas umum, layanan umum, dan tempat kerja.

Pihaknya menegaskan seluruh jajaran manajemen PDAM agar terus melakukan berbagai inovasi agar masyarakat dapat terus mendapatkan pelayanan secara maksimal.

“Perlu ada pemikiran cerdas dan inovatif agar masyarakat tetap dapat menikmati air minum berkualitas dengan biaya terjangkau, cakupan layanan yang luas, kemudahan jaringan maupun kemudahan dalam menanggapi keluhan masyarakat,” ungkap Rahman kepada rakyat.news, Senin (5/6/2023).

Menurutnya air merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi sedangkan cakupan layanan air minum di Indonesia kurang memadai.

Ia menilai, dengan memahami siklus air akan membantu upaya pemanfaatan dan pengelolaan air dengan bijaksana.

Sementara itu Direktur PDAM Jeneponto Junaedi, mengatakan jika PDAM Jeneponto terus melakukan revitalisasi infrastruktur sebagai satu di antara upaya untuk menggaet lebih banyak pelanggan, dan diharapkan mampu menambah pelanggan pada tahun 2023 ini.

“Saat ini, total pelanggan PDAM kurang lebih mencapai 10.000 orang. Harapannya, pada akhir tahun 2023 akan bertambah pelanggan,” sebut Karaeng Ngawing sapaan akrabnya.

Ia mengungkapkan berbagai revitalisasi infrastruktur akan dilakukan jika mendapat bantuan dari pemerintah pusat maupun daerah, salah satunya adalah penggantian jaringan pipa berusia tua.

Perbaikan jaringan pipa tersebut, juga ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas air yang mengalir ke pelanggan termasuk saat musim kemarau, pungkasnya. (*)