Dalam pemaparannya Baldan menyampaikan bahwa salah satu peran santri yang terkini adalah menjadi Agent penebar kebaikan di dunia maya.

Hal ini tentu sangatlah perlu menjadi perhatian penting untuk kita sebagai santri, Karena dakwah tidak hanya di mimbar mesjid tapi Dunia maya sangatlah juga membutuhkan peran-peran santri menebar dan berdakwah ilmu agama yang rahmatan lil alamin.

“Agar ajaran kelompok kelompok konservatif dan intoleran tidak berkembang pesat lebih jauh”, pungkasnya.

Sedang Gus Syahrul Aqil Galin menyampaikan, peran strategis santri sangat diperlukan baik itu pada level nasional maupun internasional.

Ada ribuan Pesantren dipenjuru Nusantra ini yang sangat perlu kita untuk kelola dan manfaatkan SDMnya dengan baik, karena itu semua adalah modal untuk dapat memberikan kontribusi terbaik buat bangsa khususnya sebagai negara dengan umat muslim terbanyak.

Olehnya dalam pilpres ini kedua sosok seperti yang diketahui bahwa Ganjar Pranowo dan Prof. Mahfud Md tidak lain dan tidak bukan, keduanya adalah sosok yang tidak asing dan tidak jauh dari Ulama dan Santri yang harus kita bantu nantinya.

“Keduanya sosok sederhana dan memiliki tekad dan kehendak kuat membangun bangsa ini kearah yang lebih baik lagi,” katanya.