Paling tidak wilayah Asia Tenggara, sebab ada lanjutan sertifikasi seperti ASEAN Pasific. Itu wilayahnya mencakup Asia hingga Australia.

“Jadi kita mempersiapkan SDM yang dimiliki, jika suatu waktu kedepannya ada investor masuk ke dalam negeri dan mencari rekan bisnis, Bumi Karsa sudah siap dan memenuhi persyaratan yang bersertifikat dari ASEAN Engineer maupun ASEAN Pasific Engineer,” tambahnya.

Sementara itu, Dr. Ir. Danis Hidayat Sumadilaga, M.Eng.Sc., IPU., ACPE., ASEAN Eng. selaku Chairman ASEAN Federation of Engineering Organization I (AFEO) ke-41 sekaligus Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII), mengatakan registrasi AER ini penting agar insinyur Indonesia memiliki mobilitas yang tinggi sehingga bisa mengerjakan proyek di luar negeri bahkan menempati posisi strategis seperti project manager hingga project director.

Syarat untuk diusulkan ke AER ini adalah insinyur harus minimum di tingkatan Insinyur Profesional Madya (IPM) yang disyaratkan oleh Persatuan Insinyur Indonesia (PII).

Kedepannya, Bumi Karsa memacu dirinya untuk meningkatkan kualitas sebagai engineer karena dengan adanya predikat sebagai ASEAN Engineer, kita harus memiliki kapasitas, kapabilitas, yang sesuai dengan standar yang di tetapkan. Secara kualitas Bumi Karsa sudah mendapatkan pengakuan.

“Secara bertahap, dalam tiga tahun kedepan Bumi Karsa menargetkan untuk mengikutkan seluruh engineer pada tingkatan sertifikasi Insinyur Profesional Madya (IPM) agar dapat melangkah pada ASEAN Engineer Register (AER),” tutup Fajaruddin.

Bumi Karsa yang merupakan anak perusahaan KALLA yang bergerak di bidang konstruksi, investasi dan alat berat, lebih dari 50 tahun telah menghasilkan berbagai karya konstruksi terbaiknya di berbagai daerah hingga ke pelosok negeri hingga mendapatkan kepercayaan  dari pemerintah untuk menangani beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN).**