Kebayaoran, Jakarta – Rumah-rumah yang ada di kawasan Wijaya, Kelurahan Melawai termasuk dalam hunian elit dengan harga rumah puluhan hingga ratusan miliar rupiah. Salah satu penghuni rumah di kawasan ini adalah Ketua DPR Setya Novanto, yang semalam rumahnya sempat didatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Seperti dikutip dari detik.com, rumah Setya Novanto di kawasan Wijaya, Kebayoran Baru merupakan kawasan elit di Jakarta jika dilihat dari segi harga huniannya.

“Itu salah satu kawasan yang termahal di Jakarta. itu setara dengan Pondok Indah, Senopati. Itu harganya paling tinggi di Jakarta,” kata Country General Manager Rumah123, Ignatius Untung seperti dikutip dari detik.com.

Berapa taksiran harga rumah Setya Novanto? Data rumah123 menyebutkan rata-rata harga rumah baru di kawasan Wijaya dengan luas tanah 1.000 meter persegi dan bangunan 1.500 meter persegi harganya sekitar Rp 100 miliar. Kondisi rumah yang tua harganya lebih murah Rp 20 miliar yakni Rp 80 miliar.

Jika mengacu pada data tersebut, maka harga per meter tanah di kawasan Wijaya sekitar Rp 80 juta per meter. Sementara untuk bangunan ditaksir seharga Rp 20 juta per meternya.

Diketahui, luas tanah rumah empat lantai milik Setya Novanto memiliki luas 1.600 meter persegi. Asumsinya, 60 persen lahannya digunakan untuk bangunan setinggi 4 lantai, maka luas bangunannya mencapai 3.840 meter persegi.

Hitungannya, dengan luas tanah 1.600 meter persegi dikalikan Rp 80 juta per meter, harganya mencapai Rp 128 miliar. Sedangkan bangunan dengan luas 3.840 meter persegi dikalikan Rp 20 juta, hasilnya mencapai Rp 76,8 miliar.

Dengan hitungan tersebut, asumsi rumah Setya Novanto yang berada di Jalan Wijaya XIII No. 19 RT 003 RW 003, Melawai, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, ditaksir mencapai Rp 204,8 miliar. (in/*)