Oleh: Ratnah Kurniati (Relawan Lentera Negeri/peserta kegiatan)

Makassar, Rakyat News – Komunitas Lentera Negeri (LN) menggelar talkshow bertemakan ‘Literasi di Era Kids Jaman Now’ bertempat di Cafe Dialektika, BTN Wessabbe, Tamalanrea, Jumat malam (17/112017).

Dihadiri sekitar 20 peserta dari berbagai komunitas pegiat pendidikan ataupun literasi Makassar diantaranya Sikola Kaki Langit (SKL), Pecandu Aksara (PA) dan Sikola Cendekia Pesisir (SCP). Turut hadir pula tiga narasumber, yakni Bintang Hadi Putra (relawan LN), Fachri Djaman (pendiri PA), serta Widyawan Setyadi yang akrab disapa Bang O (pendiri Aksara Merdeka).

Rakyat News
Foto bersama narasumber dan peserta talkshow

Ilham Haidir, koordinator umum LN menuturkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi, baik antar relawan LN maupun antar komunitas dan sebagai salah satu bentuk pencarian dana yang dilakukan panitia.

“Dana yang terkumpul akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan Bakti Sosial LN yang akan diadakan di desa Tapong, Tellu Limpoe, Bone, pada tanggal 5-7 Januari 2018 mendatang,” lanjut pria kelahiran Sorong ini.

Bang O, selaku salah satu narasumber, menuturkan bahwa literasi lebih identik dengan perbuatan. Ia berpesan agar literasi jangan diartikan dalam arti sempit yang hanya sebatas pada membaca dan menulis saja. Menurutnya, diskusi-diskusi, pemberian evaluasi, serta kegiatan-kegiatan yang bergerak di bidang pendidikan seperti yang dilaksanakan LN juga merupakan wujud dari kegiatan literasi.

“Saya hanya berharap memiliki banyak teman yang sama gilanya dalam mencintai literasi,” ungkap penulis Struktural Cinta ini.

Talkshow yang berlangsung hangat ini pun ditutup dengan sesi tanya jawab dan foto bersama antara peserta dan narasumber.(*)