Dilaporkan : Tim Jelajah Jeneponto 161 (Tim JJ161)

JENEPONTO – Puluhan atlet panahan tradisional mengikuti latihan panahan dan scoring yang digelar oleh Turatea Horseback Archery (HBA) Kabupaten Jeneponto di lapangan tembak Makodim 1525/JP Jendral M. Yusuf, Rabu (24/4/2024)

Ketua Turatea HBA Ust. Kholid, merasa bersyukur acara latihan panahan yang digelar dalam rangka persiapan event menyambut hari jadi Jeneponto ke 161 dapat digelar.

“Selain sebagai latihan rutin dan scoring, dimaksudkan juga sebagai persiapan event menyambut hari jadi Jeneponto ke 161, bentuknya seperti apa,? Masih dirahasiakan pihak panitia.” ucap Kholid.

Dikonfirmasi terpisah, Sekretariat umum KORMI Kabupaten Jeneponto Suardi A. Kahar menilai panahan tradisional menjadi salah satu olahraga dan warisan budaya bangsa yang dilestarikan dan dikembangkan oleh Turatea HBA.

Rakyat News

“Selain berolahraga, penggiat panahan tradisional Jeneponto senantiasa berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Jeneponto, salah satunya berkontribusi dalam peringatan Hari Jadi Jeneponto ke 161, tanggal 1 Mei 2024,” ungkapnya.

Menurutnya, komunitas panahan tradisional sudah sangat luar biasa dalam mempromosikan lebih luas olahraga tradisi yang masih sangat diminati masyarakat.

Pria yang akrab disapa Daeng Pance menjelaskan, para atlet panahan tradisional Jeneponto sudah sering mengikuti event regional, nasional bahkan internasional, atlet atlet panahan Jeneponto telah banyak mengukir prestasi termasuk panahan berkuda.

Panahan tradisional juga memiliki banyak manfaat. Selain melatih tentang kekuatan otat kaki dan tangan juga melatih fokus dan konsentrasi.

Rakyat News

Perbedaan antara olahraga panahan modern dan panahan tradisional. Dalam hal sarana panahan tradisional ini terbuat dari kayu atau bambu dan sentuhan tradisi yang dinilainya begitu kuat.

“Melalui Event yang akan digelar tepat pada hari jadi Jeneponto 1 Mei 2024 kami berupaya memasyarakatkan olahraga memanah sekaligus memberikan hiburan bagi masyarakat Jeneponto di hari jadi Jeneponto,” ungkapnya.