Dilaporkan : Tim Jelajah Jeneponto 161

JENEPONTO – Puncak hari jadi Jeneponto ke 161 dilaksanakan di lapangan Passamaturukang, Bontosunggu, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Rabu (1/5/2024).

Kemeriahan peringatan hari jadi Jeneponto ke 161 begitu terasa dengan nuansa kearifan lokal yang didominasi pakaian baju adat yang dikenakan para peserta yang hadir.

Salah satu rangkaian hari jadi Jeneponto ke 161 adalah penandatanganan kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Jeneponto bersama sejumlah pihak baik pemerintah daerah maupun pihak swasta dan Lembaga Sosial Kemasyarakatan atau NGO.

Salah satu NGO yang melakukan penandatangan kesepahaman dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Jeneponto adalah Pusat Telaah dan Informasi Regional (Pattiro) Jeka.

Pemerintah Kabupaten Jeneponto menilai Pattiro Jeka dapat menjadi mintra strategis dalam mendukung pelayanan publik dan inovasi daerah bagi aparat penyelenggara layanan publik di kabupaten Jeneponto.

Sesuai pesan yang disampaikan Pj Bupati Jeneponto, Junaedi Bakri dalam sambutannya mengatakan, pemerintah harus pro aktif dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat, hadirkan layanan publik yang cepat, tepat dan efektif, pemerintah harus tetap terjaga sebelum rakyat tertidur pulas, layani masyarakat sesuai kebutuhannya.

“Gau’na Pammarentayya niaki ri tuta’balaka” maknanya segala sesuatu yang akan dikerjakan oleh pemerintah harus berdasarkan kebutuhan masyarakat,” terang Junaedi.

Direktur Pattiro Jeka Suryani Hajar mengatakan akan segera menindaklanjuti nota kesepahaman atau MoU dengan Bupati Jeneponto dengan melakukan pertemuan dengan sejumlah perangkat daerah, diantaranya Bappeda Jeneponto, Dinas Disdukcapil, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta sejumlah Perangkat Daerah lainnya.

Penulis : Oji Pajeka (Tim JJ161)