Oleh: Khasmirah Hamsiohan (Anggota FKP Sulsel)

Makassar, Rakyat News – Peringatan Hari Anti Korupsi sedunia digelar berbeda dengan sentuhan seni dan kreatif oleh Forum Kreativitas Pemuda (FKP) Sulsel, di Pelataran RRI Jalan Riburane Makassar, Minggu (10/12/2017).

Panggung Rakyat Anti Korupsi (PRAK) merupakan program dari FKP Sulsel yang didalamnya terdapat beberapa rangkaian kegiatan yakni Parade Karya Sastra, live mural, orasi, talkshow dan teatrikal.

Rakyat News
Talkshow yang digelar FKP Sulsel, Minggu (10/12/2017).

Kegiatan ini turut bekerjasama dengan RRI Makassar dan disiarkan langsung melalui stasiun Pro 2 RRI Makassar.

Rakyat News

Hermawan, Ketua Panitia kegiatan menyampaikan, kegiatan ini murni diinisiasi oleh anak-anak muda Makassar melalui FKP Sulsel dalam wujud menyuarakan anti korupsi dengan cara dan rasa anak muda, serta bekerjasama dengan beberapa sponsor sehingga menghasilkan konsep acara yang kreatif di Kota Makassar.

“Semangat kami dalam melawan korupsi, kami bingkai dalam kegiatan PRAK yang menghadirkan beberapa komunitas untuk sama-sama menyuarakan perlawanan pemuda atas kasus korupsi yang merajalela sampai saat ini,” ujar Hermawan selalu ketua panitia.

Panggung Rakyat FKP Sulsel turut dihadiri perwakilan komunitas-komunitas Makassar, turut hadir salah satu narasumber dalam talkshow, Fajrurahman Jurdi dari pusat kajian anti korupsi FH Unhas mengungkap sumber datangnya potensi korupsi dan memberikan solusi terkait maraknya kasus korupsi.

“Ada empat golongan yang berpotensi melakukan korupsi yaitu legislatif, yudikatif, eksekutif, dan pengusaha. Korupsi diawali dari diri sendiri yang kehilangan kesadaran akan pentingnya kejujuran. Cara mengurangi korupsi yakni dengan cara mengubah sistem dititik pemerintahan sebuah dan menegaskan perundang-undangan.” pungkas Fajrun, sapaan akrabnya.(*)