RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Acara olahraga tahunan terbesar di NIPAH PARK, Pekan Olahraga NIPAH (PON) 2024 telah kembali digelar. Untuk ketiga kalinya, acara ini berlangsung selama 7 hari, dari 15 hingga 21 Juli 2024 di NIPAH PARK dan Kawasan Bukit Baruga.

Pekan Olahraga NIPAH 2024 dimulai dengan serangkaian kegiatan yang dimulai dengan Opening Ceremony pada 15 Juli 2024, di Rooftop Garden NIPAH PARK.

Setelah sukses menyelenggarakan PON pada tahun 2022 dan 2023 yang berhasil menyatukan ribuan atlet dari berbagai usia, mulai dari 3 hingga 45 tahun, melalui puluhan cabang olahraga yang berbeda.

Pada tahun 2023, terdapat 20 cabang olahraga dengan 1.358 atlet berpartisipasi. Di tahun ini, sekitar 1.500 atlet akan bersaing melalui 24 cabang olahraga, termasuk 4 cabang olahraga baru seperti Street Soccer, Poundfit, Golf, dan Voli.

Di antara cabang olahraga lainnya termasuk Anggar, Bulutangkis, Basket 3×3, Breakdance, Radio Control, Panahan, Bowling, Karate, Inline Skate, Catur, Tenis Meja, Gymnastic, Renang, E-Sport, Yoga, Vertical Run, Tenis Lapangan, Taekwondo, BMX, dan Push Bike.

Peserta berasal tidak hanya dari kota Makassar, tetapi juga dari beberapa wilayah di Sulawesi seperti Gowa, Sidrap, Wajo, Pangkep, Pare-pare, Takalar, dan Luwu Timur.

Dengan kerjasama bersama Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar, KORMI Kota Makassar, KONI Kota Makassar, dan Pemerintah Kota Makassar, tujuan utama dari acara ini adalah untuk menciptakan platform bagi komunitas, calon atlet, dan penggiat olahraga untuk memupuk semangat kompetisi yang sehat.

Pekan Olahraga NIPAH ini merupakan apresiasi dari NIPAH PARK bagi seluruh komunitas olahraga yang telah aktif menggunakan gedung ini sebagai tempat latihan rutin selama lima tahun terakhir. NIPAH PARK adalah mal satu-satunya di wilayah Indonesia Timur yang memiliki beragam komunitas dan klub olahraga yang membantu pembinaan generasi muda dan atlet di Makassar.

Keunikan Pekan Olahraga NIPAH terletak pada lokasinya yang terintegrasi di dalam pusat perbelanjaan yang ramai. Berbeda dengan sebagian besar kompetisi yang digelar di stadion khusus atau luar ruangan, NIPAH PARK menawarkan pengalaman yang berbeda dengan menggabungkan fasilitas mal ke dalam ekosistem olahraga.

Acara olahraga ini menjadi bagian dari upaya untuk menjadikan NIPAH PARK sebagai pusat aktivitas inklusif dengan fokus pada perkembangan ekosistem olahraga dan kreativitas.

Chief Executive KALLA Land & Property, Ricky Theodores, menyatakan bahwa Pekan Olahraga NIPAH adalah salah satu wujud dari komitmen kampanye Walk Through The Park yang telah dimulai sejak tahun 2022.

“Ini komitmen kami untuk menjadikan NIPAH PARK tak hanya sebagai pusat perbelanjaan. Harapannya, Pekan Olahraga NIPAH hadir sebagai bagian dari upaya untuk menjadikan NIPAH PARK sebagai pusat aktivitas inklusif yang fokus pada pengembangan ekosistem olahraga, produktif, dan kreativitas,” ungkap Ricky.

Selain pertandingan cabang olahraga, berbagai program acara lain seperti Coaching Clinic E-Sport, Kegiatan Komunitas, pertunjukan musik, stand up comedy, dan senam aerobik juga akan meramaikan PON selama 7 hari ke depan. Tak hanya itu, akan ada pula talk show bersama JEC Orbita, psikolog, dan fotografer olahraga.

Seluruh rangkaian acara ini akan ditutup dengan Hari Penghargaan atau penyerahan medali pada Closing Ceremony pada tanggal 21 Juli 2024 nanti.