RAKYAT.NEWS, DEPOK – Romo Prabu (nama panggilan), budayawan asal Depok, Jawa Barat yang gemar bermain alat musik. Pada satu kesempatan, ia memainkan seruling bambu miliknya usai berziarah ke makam Keramat Sambi di kawasan Jalan H Juanda, Kecamatan Sukmajaya, Depok.

Ia bersama rombongannya tiba di makam pukul 21.00 WIB. “Hayu langsung kita tawasulan dulu,” ucap Romo Prabu, Jumat (19/6/2024), mengutip radardepok.com.

Usai melakukan Salat Gaib, Romo harap makam yang juga menjadi saksi sejarah Depok ini tetap terjaga.

Terletak pada sebidang tanah yang tak begitu luas, makam Keramat Sambi memang tercatat sebagai kawasan ziarah bagi warga Depok. Di dalamnya ada makam tokoh penyebar agama Islam, yakni Raden Muhammad Yusuf (Mpi Siun), dua lainnya menjadi tempat peristirahatan terakhir istri dan kuda miliknya.

Dulu, Mpi Siun berkelana menunggang kuda menyebarkan ajaran Islam. Caranya pun terbilang unik. Saat itu ia menjadi tukang sunat atau Bengkong.

Tak jauh dari lokasi makam, ada satu sumur yang dipercaya oleh masyarakat sekitar dapat mengobati berbagai penyakit hanya dengan menenggak segelas airnya.