RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, berharap bahwa Pilkada Serentak 2024 akan menghasilkan pemimpin daerah yang berkualitas. Tujuannya adalah agar pemerintahan daerah dapat berjalan dengan baik dan sesuai aturan.

“Negara kesatuan itu kekuasaannya dipegang oleh otonomi daerah. Kita mengevaluasi perjalanan negara, dan otonomi daerah belum maksimal memberikan kontribusi pada kemajuan negara Indonesia,” kata Mahfud di kawasan Tebet, Jakarta, Sabtu (20/7/2024), mengutip rri.co.id.

Mahfud berpendapat bahwa masih banyak daerah yang belum mampu menghasilkan pemimpin daerah yang kompeten. Oleh karena itu, Pilkada 2024 merupakan kesempatan untuk menciptakan pemimpin daerah yang tidak hanya populer.

“Mendagri (Tito Karnavian) pernah meliris 62 persen kepala daerah itu terlibat korupsi. Bahkan, KPK menyebut bisa lebih dari 62 persen, bisa mencapai 84 persen, saya berdasarkan data saja,” ucapnya.

Selain itu, Mahfud juga menekankan pentingnya untuk mencegah terulangnya kasus korupsi yang melibatkan kepala daerah. Dia juga menekankan pentingnya mengawasi izin-izin yang seringkali mengeksploitasi sumber daya alam.

“Oleh karena itu kita harus berpikir melalui Pilkada yang sekarang. Kita berpikir (calon) kepala daerah nanti tidak hanya melihat elektabilitas, tapi kualitas dan moralitas itu penting,” ujarnya.