RAKYAT NEWS, JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengunjungi rumah duka almarhum Wakil Presiden Ke-9 Hamzah Haz yang meninggal pada Rabu pagi di Jalan Tegalan, Matraman, Jakarta pada Rabu siang.
Presiden tiba sekitar pukul 13.17 WIB dengan pengawalan mobil ke rumah duka. Setelah sampai, beliau langsung menuju ke rumah duka dan diterima oleh pejabat TNI dan Kepolisian setempat.
Langsung menuju ke lantai dua rumah almarhum, karena jenazah disemayamkan di sana.
Presiden didampingi oleh Wakil Presiden Terpilih Pemilu 2024 Gibran Rakabuming Raka, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono.
Selain Jokowi, tokoh-tokoh lain seperti Wakil Presiden Ke-6 Try Sutrisno, Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla, dan Wakil Presiden Ke-11 Budiono juga datang ke rumah duka. Hadir pula beberapa politisi seperti Ketum PPP Mardiono, Ketum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, dan Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel.
Untuk pengantaran jenazah Wakil Presiden Ke-9 Hamzah Haz, disiapkan mobil jenazah dari Komando Garnisun Tetap (Kogartap) TNI I/Jakarta. Rencananya, jenazah akan dimakamkan di Bogor, Jawa Barat, sekitar pukul 13.30 WIB.
Peti jenazah berwarna putih disiapkan oleh pihak Kogartap untuk almarhum. Mereka juga telah menyiapkan tenda sementara bagi prosesi keberangkatan jenazah.
Almarhum Hamzah Haz meninggal pada usia 84 tahun, pukul 09.30 di Kediaman Tegalan, Matraman Jakarta. Beliau lahir di Ketapang, Kalimantan Barat, pada 15 Februari 1940.
Beliau adalah Ketua Umum PPP selama dua periode (1998-2007) dan menjabat sebagai Wakil Presiden Ke-9 RI selama masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri (2001-2004). Selain itu, selama karirnya sebagai politisi dan wakil presiden, Hamzah Haz juga aktif di DPR RI dan menjabat sebagai Menteri.
Setelah prosesi mandi jenazah dan persemayaman, jenazah Hamzah Haz rencananya akan dishalatkan di masjid yang berada di Jalan Nenas, Bogor, Jawa Barat.