RAKYAT.NEWS, DEPOK – Ketua Pengadilan Negeri Depok, Ridwan, menilai urban farming inisiatif Komando Distrik Militer (Kodim) 0508/Depok sangat berdampak positif.

Menurutnya, hal ini secara luas dapat mengurangi angka pengangguran dan kriminalitas karena urban farming melibatkan masyarakat luas.

Diketahui, Ridwan turut menghadiri panen raya bawang merah di lahan urban farming Kodim Depok, Sukmajaya pada Senin (12/8/2024).

Panen raya bawang merah ini, juga dihadiri oleh Pangdam Jaya, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Mohamad Hasan, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Depok.

“Urban Farming ini adalah program yang sangat baik, terlebih di Kota Depok karena inisiatif dari Pak Dandim, selain memanfaatkan lahan tidur, tentu dengan adanya penanaman bawang, pasti dia mendukung kegiatan ketaganan pangan,” terangnya.

Ridwan sangat mengagumi kualitas bawang merah yang dihasilkan. “Bawangnya kualitasnya sangat baik sekali, bibit unggul, besar-besar (hasil panennya). kalau bisa kita memanfaatkan lahan tidur secara maksimal agar bisa memenuhi kebutuhan bawang di Kota Depok,” ujarnya.

Menurut Ridwan, program urban farming tidak hanya berdampak pada ketahanan pangan, tetapi juga memiliki implikasi sosial yang luas. Dengan melibatkan masyarakat dalam kegiatan pertanian, dapat mengurangi tingkat kriminalitas dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini, masyarakat akan lebih produktif dan memiliki penghasilan tambahan. Selain itu, juga dapat mempererat tali silaturahmi antar warga,” tutur dia.