RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Dinas Kesehatan DKI Jakarta melalui Puskesmas Gambir, bekerja sama dengan KAI Daop 1 Jakarta, kembali melakukan kunjungan ke Stasiun Besar Gambir.

Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya pengawasan dan pembinaan terhadap tenant-tenant yang beroperasi di Stasiun Besar Gambir.

Dalam kegiatan ini, sebanyak tujuh tenant telah diperiksa untuk memastikan penerapan higiene dan sanitasi makanan serta kebersihan Tempat Pengelolaan Pangan (TPP).

“Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas makanan yang bersih dan sehat yang dikonsumsi oleh masyarakat umum, serta mendukung percepatan implementasi pedoman zona KHAS (Kuliner Halal, Aman, dan Sehat),” kata Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, Kamis (15/8/2024).

KAI Daop 1 Jakarta selalu mendukung kegiatan yang bertujuan meningkatkan kenyamanan, keamanan, kesehatan, dan keselamatan masyarakat dalam melakukan aktivitas di lingkungan stasiun.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, penumpang dapat merasa aman dan sehat dalam mengonsumsi makanan dan minuman yang tersedia di Stasiun Besar Gambir,” pungjasnya.

Kegiatan Pemeriksaan/Pembinaan Higiene Sanitasi Tempat Pengelolaan Pangan (TPP) yang dilakukan pada 15 Agustus 2024 oleh tim Dinkes Puskesmas Gambir meliputi:

  • Pemeriksaan higienitas karyawan tenant.
  • Pemeriksaan faktor kimia dari sampel makanan masing-masing tenant.
  • Pemeriksaan persyaratan kesehatan fasilitas sanitasi, lingkungan, dan bangunan umum, termasuk pengendalian serangga dan tikus.
  • Sosialisasi terkait rencana pembinaan penjamah makanan.