Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Rosan Roeslani, tiba di Istana Kepresidenan Jakarta pada hari Senin pagi untuk diangkat menjadi Menteri Investasi/Kepala BKPM oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Rosan yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran datang bersama istri, anak, dan keluarganya.

“Saya diberitahu kemarin, disuruh siap pagi ini. Insya Allah ada pelantikan, saya disuruh mengenakan busana resmi seperti itu saja,” kata Rosan saat memberikan keterangan di Istana Kepresidenan Jakarta.

Rosan yang mengenakan jas hitam dengan dasi merah dan peci hitam mengatakan bahwa ia belum menerima arahan khusus dari Presiden terkait jabatan barunya.

Meskipun demikian, ia menyatakan kesiapannya untuk menjalankan tugas sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM sebagai suatu kepercayaan dari Presiden.

“Saya biasanya membaca semuanya dan Insya Allah jika diberikan amanah, saya akan bekerja dengan baik dengan dukungan dan masukan dari rekan-rekan media,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo melantik sejumlah menteri dan kepala badan di Istana Negara, Jakarta, pada hari Senin ini.

“Hari ini, Senin, tanggal 19 Agustus 2024, pukul 09.30 WIB, Bapak Presiden akan melantik beberapa Menteri, Wakil Menteri, dan beberapa Kepala Badan di Istana Negara,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

Ari menyebut beberapa menteri dan kepala badan yang akan dilantik termasuk Menteri Hukum dan HAM, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Menteri Investasi, Wakil Menteri Kominfo, Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, dan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan.

“Pelantikan menteri, wakil menteri, dan kepala badan ini diperlukan untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintahan agar berjalan dengan baik, lancar, dan efektif,” tambah Ari.