RAKYAT NEWS, JAKARTA – Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Syaiful Huda menyatakan bahwa hasil dari Muktamar ke-6 PKB mencakup rekomendasi baik dari internal maupun eksternal.

Salah satu rekomendasi internal yang diungkapkan oleh peserta adalah keputusan PKB untuk bergabung dalam pemerintahan di masa depan.

“Keputusan muktamar secara kelembagaan PKB resmi bergabung dan mendukung pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka,” ujar Huda di Bali Nusa Dua Convention Center, Minggu (25/8/2024).

Huda menjelaskan bahwa sejumlah tokoh elite PKB sebelumnya telah menyuarakan pendapat serupa, namun belum secara resmi dibahas dalam forum muktamar.

“Jadi kalau selama ini masih bersifat belum kelembagaan politik. Pada muktamar ini, kami pertegas sikap politik PKB, PKB secara institusi,” ucap Huda.

“Secara lembaga, muktamirin menyepakati PKB masuk, bergabung menjadi bagian dari pemerintahan Prabowo-Gibran,” sambung dia.

Di samping itu, rekomendasi lainnya adalah bahwa PKB, sebagai partai politik, akan memberikan lebih banyak perhatian kepada generasi muda.

“PKB, lima tahun yang akan datang akan concern penuh terkait dengan isu-isu anak-anak muda,” imbuh dia.