RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Sebuah insiden terjadi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) saat Kasat Lantas Polrestabes Makassar Kompol Mamat Rahmat dilempari batu ketika sedang mencoba mengurai kemacetan akibat demo mahasiswa.

Akibatnya, Kompol Mamat mengalami luka akibat terkena batu dan serpihan kaca mobil.

Kejadian tersebut terjadi ketika demo mahasiswa di depan Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar pada Jumat (23/8/2024) malam. Mobil Polrestabes Makassar yang ditumpangi Kompol Mamat awalnya tengah melakukan pengaturan lalu lintas.

“Mahasiswa saat melakukan aksi, tutup jalan di depan UMI, kemudian ini kan jalan lalu lintas tadinya tutup total sudah sampai malam, 2 jam kalau tidak salah,” kata Kapolrestabes Makassar Kompol Mokhamad Ngajib, dikutip dari detikSulsel, Selasa (27/8).

Ngajib menjelaskan, sekelompok orang mendekati mobil polisi yang sedang melintas. Tanpa diduga, mereka melempari mobil polisi dengan batu.

“Kan datang itu si pelaku ini, datangi mobil langsung pukul kacanya, yang kedua kena lempar lagi,” tuturnya.

Mobil dinas lantas Polrestabes Makassar mengalami kerusakan pada kaca bagian belakang sebelah kiri. Selain itu, terdapat penyok pada pintu belakang sebelah kiri dan retakan pada kaca depan bagian kiri atas karena terkena lemparan batu.

“Korbannya Kasat Lantas Polrestabes Makassar Kompol Mamat Rahmat. Luka pelipis mata kiri, terkena batu dan pecahan kaca mobil,” ucap Ngajib.

Polisi melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap dua pelaku pelemparan yang ternyata masih merupakan mahasiswa. Kedua pelaku diamankan di wilayah Makassar pada Senin (26/8) pukul 04.00 Wita.

“Sudah (diamankan), ada 2 orang inisial AH (22) dan AN (21), mahasiswa,” ungkap Ngajib.

Ngajib menyebutkan bahwa kedua pelaku masih dalam penahanan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dia menyatakan bahwa kedua pelaku sengaja menciptakan kerusuhan saat demo berlangsung di sekitar lokasi tersebut.