KARANGANYAR, RAKYAT NEWS – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Karanganyar memborong 5 (lima) penghargaan pada Anugerah Kehumasan Pandu Citraloka yang digelar Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah.

Penghargaan diberikan langsung oleh Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah, Slamet Budi Prayitno di Lapangan Utama Puskepram Candra Birawa, Karanggeneng, Kec. Gunungpati, Kota Semarang, Sabtu (30/8/2024).

Andalan cabang bidang Humas dan Informatika Kwarcab Karanganyar Wagiman mengatakan Reihan Delphi Chantika Aziz dari Karanganyar dinobatkan sebagai Juara I Duta Humas Kwarda Jateng Tahun 2024.

“Pada Malam Anugerah Kehumasan Pandu Citraloka kami tim dari Humas Kwarcab Karanganyar datang langsung memenuhi undangan dari Kwarda sebagai nominator beberapa lomba,” kata dia.

Menurut dia, penghargaan yang berhasil dibawa pulang diantaranya Juara I dan II Duta Humas, Juara III pengelolaan website dan media sosial Kwarcab, harapan I dan III kategori film pendek.

Dia mengatakan, melalui Pandu Citraloka pramuka bisa ambil peran menangkal berita hoaks yang menjamur di masyarakat dengan menebar berita-berita yang positif dan selalu saring sebelum sharing.

Masih menurutnya, semua insan pramuka merupakan agen buzzer berita yang baik, selalu mewartakan informasi-informasi pramuka maupun informasi lainnya.

“Saya berharap anggota pramuka mampu menjadi seorang pewarta, buzzer berita baik dan memerangi hoaks. Apalah artinya kita mengadakan kegiatan positif dan bermanfaat untuk masyarakat, pengabdian ke masyarkat tetapi tidak pernah kita sampaikan ke masyarakat. Ayo mulai sekarang teman-teman anggota pramuka kita sampaikan kabar-kabar kegiatan positif pramuka,” pungkasnya.