RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, telah mengkonfirmasi bahwa semua partai yang bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus akan terlibat dalam pembentukan kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran.

Beberapa partai yang telah menyatakan dukungan terhadap pemerintahan Prabowo dan bergabung dalam KIM Plus termasuk PKS, PKB, PPP, dan NasDem.

“Ya semua yang berkoalisi kita ajak bicara, dan kita kemudian juga koordinasi, seperti yang pernah disampaikan pak Prabowo bahwa bangsa kita ini adalah sebuah negara yang besar, yang harus kemudian kita sama-sama membangunnya,” tutur Dasco di Jakarta, Sabtu (31/8/2024), mengutip CNNIndonesia.com.

Meskipun begitu, Dasco belum memberikan detail mengenai seberapa besar kemungkinan bagi KIM Plus mendapatkan posisi dalam kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran.

“Ya nanti lihat aja,” ucap dia.

Dasco juga membantah rumor mengenai calon menteri yang beredar di media sosial terkait kabinet Prabowo-Gibran.

Ada beberapa nama yang disebut-sebut akan menjadi menteri dalam draf tersebut, di antaranya Nusron Wahid sebagai Menteri Haji dan Umrah, serta Grace Natalie sebagai Menteri Kesejahteraan Perempuan dan Anak.

Selain itu, posisi Menteri Dalam Negeri disebut akan diisi oleh Sufmi Dasco Ahmad, Menteri Pemuda dan Olahraga oleh Raja Juli Antoni, dan Menteri Ekonomi Kreatif dan Digital oleh Erwin Aksa.

Dasco menyatakan bahwa nama-nama yang beredar tersebut hanyalah sebagian dari dinamika politik, namun ia memastikan bahwa informasi tersebut tidak akurat.

Dasco menyatakan bahwa pihaknya masih dalam proses pembahasan untuk menentukan siapa saja yang akan menduduki posisi menteri tersebut.

“Ya kita anggap draf menteri yang beredar itu adalah sebagian daripada aspirasi atau dinamika. Tapi saya pastikan kalau draf itu bukan yang nanti akan menjadi draf resmi daripada kabinet Prabowo-Gibran,” tuturnya.