Makassar, Rakyat News – Bencana angin puting beliung yang meluluhlantakkan puluhan rumah di Kabupaten Barru membuat Bakal Calon Gubernur Sulsel, Abdul Rivai Ras (Bro Rivai) ‎terpanggil untuk ikut meringankan beban korban.

Senin (25/12/2017), tim pemenangan Bro Rivai bergerak ‎dari Makassar ke Dusun Padongko, Kelurahan Mangempang, Barru yang merupakan lokasi terparah. Di dusun ini, pada Sabtu (23/12/2017) angin puting beliung merusak 18 rumah panggung di sepanjang pesisir pantai Barru.

“Kami ditugaskan oleh Bro Rivai untuk ‎mewakili beliau menyerahkan bantuan kepada para korban. Bantuan berupa material bangunan seperti seng dan balok kayu serta uang tunai untuk biaya perobatan,” kata Juru Bicara Bro Rivai, Achmad Shabir.

‎Lukman, selaku perwakilan masyarakat Dusun Padongko mengaku bersyukur masih ada calon pemimpin yang mau membantu korban puting beliung di Barru. Pasalnya, hingga hari ini para korban tidak mendapatkan bantuan yang berarti dari pemerintah daerah dan pihak manapun.

“Bantuan dari BNPB kemarin cuma selimut dan terpal untuk menjadi atap sementara. Dan sampai hari ini tidak ada lagi bantuan yang masuk kecuali dari Bro Rivai,” kata Lukman usai menerima bantuan secara simbolis dari tim Bro Rivai.

Namun Lukman mahfum. Menurutnya, bencana puting beliung di Kabupaten Barru memang tidak menjadi sorotan media. Pasalnya, semua stakeholder lebih sibuk dengan bencana banjir di Kota Makassar‎ dan melupakan bencana di daerah lainnya. (*)