RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Indonesia berhasil bermain imbang 1-1 melawan Arab Saudi pada pertandingan pertama Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion King Abdullah Sports City, Jumat (6/9/2024) dini hari WITA.

Pada babak pertama, Timnas Indonesia mampu menahan imbang Arab Saudi 1-1. Indonesia berhasil unggul lebih dulu melalui gol Ragnat Oratmangoen pada menit ke-19, namun Arab Saudi berhasil menyamakan skor pada menit ke-45+3.

Di awal babak kedua, pertahanan Indonesia terlihat kurang fokus sementara Arab Saudi semakin agresif dalam menyerang.

Upaya tendangan kaki kiri Abdulrahman Ghareeb pada menit ke-48 setelah operan yang tidak akurat oleh Maarten Paes masih belum cukup mengarah ke gawang.

Shin Tae Yong melakukan pergantian pemain pada menit ke-58, dengan Marselino Ferdinan masuk menggantikan Witan Sulaeman, dan Shayne Pattynama menggantikan Thom Haye yang mengalami cedera.

Tendangan voli kaki kiri Calvin Verdonk dari depan kotak penalti Arab Saudi pada menit ke-59 tidak mengenai sasaran.

Sementara itu, tendangan kaki kanan Salem Al Dawsari pada menit ke-64 melambung tinggi di atas mistar gawang Skuad Garuda.

Marselino Ferdinan mendapat peluang pada menit ke-64 namun masih gagal melewati penjagaan pemain belakang Saudi.

Tendangan kaki kanan Ragnar dari luar kotak penalti pada menit ke-65 juga masih terhalang oleh barisan pertahanan The Green Falcons.

Indonesia kehilangan ritme permainan di babak kedua dan Arab Saudi mendominasi jalannya pertandingan. Pertahanan Indonesia terlihat tertekan di bawah tekanan pemain Arab Saudi.

Salem Al Dawsari kembali mengancam pertahanan Indonesia dengan tendangan dari luar kotak penalti pada menit ke-74 yang masih melenceng di sisi kiri gawang Indonesia.

Pada babak kedua, pertahanan Indonesia terlihat lebih terbuka sehingga rentan diserang oleh Arab Saudi. Arab Saudi mencoba memanfaatkan kelelahan Indonesia dengan memberikan umpan-umpan silang. Sundulan Saud Abdulhamid pada menit ke-76 mengenai tiang gawang.