RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Hari kedua 2nd Indonesia – Africa Forum diawali dengan pembukaan, lalu dilanjutkan dengan Joint Season Leader yang diselenggarakan di Hotel Mulia Resort, Nusa Dua Bali, Senin, 2 September 2024.

Sebelum pertemuan tersebut, sejumlah menteri telah diberi tugas untuk menjemput kepala negara yang akan datang. Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (AAS) mendapatkan amanah untuk menyambut ketibaan Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan Rwanda, Ghana, Tanzania, Zanzibar dan Liberia sebelum Family Photo.

Sembari menanti kedatangan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, tampak beberapa menteri yang hadir berdiri berdampingan sambil sesekali terlibat obrolan santai.

Tiba-tiba, Menteri Pertahanan, Prabowo, mendekati Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, yang juga sedang berdiri bersama beberapa menteri lainnya. Setelah salaman, Prabowo lalu merapikan dasi yang dikenakan Mentan.

Dipegangya tangan Mentan lalu seolah dijelaskan di hadapan menteri lain kenapa dia harus merapikan dasi tersebut. Andi Amran hanya tersenyum sambil menunduk atas perhatian Presiden Terpilih tersebut.

Sesekali pria yang dijuluki 08 itu terlihat tersenyum memperhatikan Mentan AAS yang berbicara dengan telunjuk mengarah ke telapak tangannya, seakan ada hal yang serius namun lucu dibahas.

Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi dan Wakil Menteri Perdagangan, Jery Sambuaga tersenyum sambil memperhatikan Mentan yang begitu semangat menjelaskan sesuatu. Tak jauh-jauh dari pangan biasanya pembahasannya.

Merapikan dasi seseorang itu menunjukkan bentuk perhatian dan kedekatan seseorang, biasa dilakukan oleh saudara ke saudara lainnya, maupun kawan setia yang sudah sejak lama bersahabat. Bentuk mengayomi dan melindungi, seolah tak ingin ada sedikitpun kekurangan yang terlihat dari saudaranya.

Kedekatan Prabowo dengan Andi Amran memang tampak dari beberapa kali pertemuan antara keduanya.