RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, menegaskan bahwa para pemain dalam skuad Garuda akan berjuang tanpa menyerah dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (10/9/2024) malam.

Dalam konferensi pers sebelum pertandingan pada Senin (9/9) petang, Shin menyatakan bahwa Timnas Indonesia memiliki semangat tinggi untuk menghadapi Australia.

“Pertandingan besok tidak mudah bagi kami karena Australia rangking 20-an, Indonesia 130-an. Tapi pastinya akan menjadi laga sulit buat kami,” ujar pelatih yang kerap disapa STY tersebut.

“Tapi pemain kami tidak akan menyerah bagaimanapun caranya pertandingan kandang di sini akan menjadikan pertandingan yang baik melawan Australia besok,” tambahnya.

Pertandingan melawan Australia merupakan laga kedua Indonesia dalam fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sebelumnya, Jay Idzes dan rekan-rekannya berhasil mencuri satu poin dengan bermain imbang melawan Arab Saudi di Jeddah.

Di sisi lain, tim The Socceroos mengalami kekalahan dari Bahrain dalam pertandingan kandang pada 5 September lalu.

Terakhir kali Timnas Indonesia bertemu dengan Australia adalah dalam laga 16 besar Piala Asia 2023 pada awal tahun ini. Saat itu, tim yang dilatih oleh Graham Arnold menang dengan skor 4-0 dan melaju ke babak perempat final.

Apabila Timnas Indonesia mampu meraih poin dalam pertandingan ini, hal itu akan menjadi modal positif dalam mencapai tujuan untuk menduduki posisi ketiga atau keempat pada klasemen akhir fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Saat ini Indosia sendiri berada di posisi empat klasemen dengan nilai 1 poin dan berada di atas Australia pada peringkat kelima yang belum memiliki poin di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.