RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Dito Ariotedjo, mengonfirmasi bahwa dokumen naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Alhamdulillah untuk naturalisasi kemarin sudah ditandatangani oleh Bapak Presiden, dari Bapak Presiden harusnya surat itu sudah masuk dikirim mungkin hari ini ke DPR,” ujar Dito di DPR RI, Kamis (12/9/2024) mengutip CNNIndonesia.

Walau belum ada jadwal resmi untuk rapat dengar pendapat (RDP) mengenai naturalisasi PSSI, Dito yakin bahwa pertemuan tersebut akan dilaksanakan dalam pekan mendatang agar proses naturalisasi Hilgers dan Eliano dapat dipercepat.

“Kita akan memantau ini. Kebetulan kita raker di DPR. Mungkin setelah ini saya coba cek-cek ke pimpinan DPR apakah sudah disposisi atau belum,” terangnya.

Berdasarkan jadwal DPR RI, terutama Komisi X, mereka memiliki agenda pada Selasa (17/9) dan Rabu (18/9), sementara Sidang Paripurna DPR RI akan berlangsung pada Kamis (19/9).

“Yang pasti saya yakin semangatnya sama juga, selama ini kawan-kawan senior-senior DPR juga selalu proaktif membantu kami di olahraga,” beber Dito.

Apabila RDP mengenai naturalisasi ini dilakukan pekan depan, ada kemungkinan Hilgers dan Eliano bisa bergabung dengan Timnas Indonesia pada bulan Oktober. Dito akan berupaya agar hal ini dapat terwujud.

“Kami menargetkan itu bisa di Oktober, tapi targetnya ini kan pasti satu Oktober ada peralihan kepemimpinan di DPR. Semoga ini nanti semangatnya masih sama,” jelas Dito.