RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Penyerang Timnas Indonesia, Rafael Struick telah resmi bergabung dengan Brisbane Roar, klub Liga Australia, pada hari Senin (16/9/2024).

Striker Timnas Indonesia tersebut didatangkan dengan status bebas transfer dari klub sebelumnya, ADO Den Haag. Nantinya, Rafael Struick itu bakal memakai nomor punggung tujuh.

“Selamat datang di Brisbane Roar, Rafael Struick,” tulis Brisbane Roar melalui Instagram resminya, Senin (16/9/2024).

Brisbane Roar adalah klub kepunyaan dari perusahaan asal Indonesia, Bakrie Group, yang mengakusisinya tahun 2011 lalu, dengan jumlah saham hingga 70 persen.

Brisbane Roar merupakan salah satu klub terkemuka di Liga Australia yang telah berdiri sejak tahun 1957 dengan nama Hollandia-Inala, didirikan oleh imigran Belanda.

Klub tersebut kemudian mengubah namanya menjadi Brisbane Lions pada tahun 1973 setelah berbasis di Brisbane, dan sempat dikenal sebagai Queensland Roar pada tahun 2004 karena berada di negara bagian Queensland.

Pada musim 2008/2009, klub kemudian menggunakan nama Brisbane Roar hingga sekarang.
Prestasi Brisbane Roar dalam Liga Australia cukup gemilang dengan meraih tiga gelar Championship dan dua gelar Premiership. Mereka juga pernah meraih trofi NSL Cup pada tahun 1981.

Beberapa nama besar pernah terkait dengan Brisbane Roar, di antaranya pelatih dari Tottenham Hotspur, Ange Postecoglou yang pernah menukangi Brisbane Roar pada tahun 2009-2012 dan Robbie Fowler yang menjadi pelatih pada tahun 2019-2020.

Selain itu, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong juga pernah bermain untuk Brisbane Roar menjelang akhir kariernya sebagai pemain pada tahun 2005. STY bahkan pensiun dari sepak bola di klub tersebut.

Kehadiran Rafael Struick di Brisbane Roar diharapkan dapat memudahkan perjalanan antara klub dan Timnas Indonesia mengingat jarak yang tidak terlalu jauh antara Australia dan Indonesia dibandingkan dengan Eropa.