RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Kantor Federasi Bola Basket Internasional atau Federation Internationale de Basketball (FIBA) di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2024).

Jokowi berharap bahwa langkah-langkah yang dilakukan oleh pemerintah akan memunculkan lebih banyak atlet sukses di Indonesia, baik dalam kompetisi domestik maupun internasional.

“Pemerintah berharap berbagai upaya tersebut dapat melahirkan lebih banyak atlet-atlet yang andal yang mampu mencetak prestasi dan mengharumkan nama bangsa di event-event olahraga internasional,” ujar Jokowi dikutip dari website resmi Presiden RI.

Jokowi juga menyambut baik dan bersuka cita atas kehadiran Kantor FIBA sebagai wujud dukungan konkret terhadap pengembangan olahraga basket di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan FIBA terhadap Indonesia yang telah dipilih sebagai tuan rumah Piala Dunia Bola Basket FIBA pada tahun 2023.

“Dengan melakukan pembinaan dan pelatihan dengan menyelenggarakan event olahraga sebanyak mungkin dan dengan membangun venue-venue berstandar internasional,” bebernya.

Jokowi menambahkan ,bahwa Indonesia berkomitmen untuk terus memberikan dukungan kepada potensi atlet muda di bidang olahraga, terutama dalam cabang bola basket.

“Dan tentu juga dengan mempererat kerja sama dengan federasi internasional seperti FIBA sebagai induk olahraga basket dunia,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal FIBA, Andreas Zagklis, dalam laporannya menyatakan bahwa Kantor FIBA di Indonesia bukan hanya menjadi bagian dari sejarah penyelenggaraan Piala Dunia.

Zagklis menegaskan bahwa kehadiran kantor tersebut juga mencerminkan kepercayaan yang kuat dari FIBA terhadap bakat dan potensi atlet muda serta dukungan terhadap perkembangan olahraga basket di Indonesia.

“Di sini kami akan memiliki sejumlah proyek terutama yang melibatkan lebih banyak pemuda Indonesia, baik laki-laki maupun perempuan untuk bermain bola basket dan menjalani gaya hidup sehat, serta untuk membawa tim nasional Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi,” jelas Zagklis.

Pada acara tersebut, Presiden didampingi oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, dan Plt. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.