RAKYAT.NEWS, POLMAN – Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, Bahtiar Baharuddin, mendatangi lokasi usaha masyarakat di Kabupaten Polewali Mandar untuk melihat langsung kebutuhan mereka, Senin (16/9/2024).

Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Garden di Kecamatan Binuang, menjadi titik pertama, berlanjut ke Usaha Peternakan Bebek Petelur Dusun II Bina Rejo di Desa Bonato Rejo, Kecamatan Tapango, dan ketiga ke Pembibitan Tanaman Aren di Kecamatan Alu.

Kunjungan Bahtiar ini juga untuk berdiskusi mengenai skema pengembangan usaha masyarakat, mulai dari sektor perkebunan maupun peternakan. Hal itu sebagai daya dorong bagi ekosistem bisnis sehingga terjadi peningkatan produksi dan pendapatan.

“APBD kita terbatas maka yang bisa kita lakukan adalah sumber daya terbatas ini bisa menyentuh langsung masyarakat paling bawah,” ujar Bahtiar.

Bahtiar mengklaim, Sulawesi Barat merupakan wilayah dengan 90 persen masyarakat, hidup dengan bertani, berkebun, menjadi peternak, dan usaha perikanan. “Maka ini yang kita sentuh dengan modal tidak terlalu besar tetapi kita pastikan produksi bisa kita tingkatkan,” ucapnya.

“Jangan melakukan sesuatu yang bukan masyarakat inginkann, makanya kita banyak turun ke lapangan untuk mendengarkan aspirasi petani, nelayan, peternak, dengarkan apa yang mereka butuhkan dan pemerintah menyiapkan,” ucap imbuhnya.