RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengomentari peningkatan peringkat Tim Nasional (Timnas) Indonesia dalam ranking FIFA yang terbaru, Kamis (19/9/2024) sore WITA.

Erick mengatakan bahwa meskipun prestasi skuad Garuda meningkat, namun masih ada target yang lebih tinggi yang ingin dicapai.

“Indonesia naik ke peringkat 129 Ranking FIFA. Dua hasil imbang melawan negara langganan Piala Dunia, Arab Saudi dan Australia membuat peringkat Indonesia di ranking FIFA naik,” ujar Erick dikutip dari akun Instagram pribadinya.

“Ini menjadi bukti keseriusan kami untuk membawa Garuda terbang tinggi. Belum cukup, karena mimpi kami bisa membawa Garuda menembus 100 besar dunia,” tambahnya.

Pencapaian Timnas Indonesia ini tentunya tidak terlepas dari hasil Skuad Garuda meraih hasil positif dalam laga pertama dan kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 beberapa saat lalu.

Saat ini, di bawah arahan Shin Tae Yong, Timnas Indonesia berada di peringkat 129 dunia dalam ranking FIFA, naik empat peringkat dari peringkat sebelumnya. Peningkatan ini merupakan hasil dari hasil imbang melawan Arab Saudi dan Australia, dua tim yang memiliki peringkat lebih tinggi dari Indonesia.

Poin tambahan diraih oleh Indonesia setelah bermain imbang 1-1 melawan Arab Saudi pada 5 September lalu. Selain itu, poin tambahan juga didapat setelah pertandingan tanpa gol melawan Australia pada 10 September.

Berdasarkan data ranking FIFA sebelumnya, pada tanggal 18 Juli, Indonesia berada di peringkat 133 dengan poin 1108,73. Ini menandakan bahwa peringkat Indonesia dalam ranking FIFA terus mengalami peningkatan dalam setahun terakhir.

Jauh sebelum itu, pada bulan September 2023, peringkat Indonesia berada di urutan ke-147, naik tiga peringkat dari posisi Juni 2023.