RAKYAT.NWES, JAKARTA – Dua pemain keturunan, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia setelah mengikuti proses pengambilan sumpah di Belgia, Senin (30/9/2024) waktu setempat.

Kabar gembira ini diumumkan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, melalui akun Instagram pribadinya pada hari yang sama.

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia setelah pengambilan sumpah di Brussel, Belgia,” kata Erick Thohir dalam akun Instagram pribadinya.

Pengambilan sumpah kewarganegaraan dilakukan di Belgia untuk mempercepat proses karena kedua pemain sedang sibuk berkarier di Liga Belanda.

“Terima kasih Bapak Presiden, Ketua DPR, Pimpinan dan Anggota DPR, juga Bapak Menteri, atas dukungannya dan memungkinkan percepatan sumpah dua pemain naturalisasi kita, Mees dan Eliano,” tambah Erick.

Mees Hilgers saat ini bermain untuk klub FC Twente, sementara Eliano Reijnders merupakan pemain PEC Zwolle.

“Pak Erick, saya siap untuk Indonesia. Saya bangga bermain untuk Indonesia, dan saya senang berada di sini. Terima kasih,” ujar Mees usai pengambilan sumpahnya menjadi WNI.

Mees Hilgers memiliki keturunan Indonesia dari garis keturunan Ibunya. Nenek dan kakek Hilgers lahir di Indonesia.

Kakek Hilgers, Hendrik Victor Tombeng, lahir di Ambon pada 22 April 1924, sedangkan neneknya, Muhija Muchtar, lahir di Jakarta pada 4 Mei 1926. Ibunya, Linda Tombeng, dan ayahnya, Vincent Frans Hilgers.

Sementara itu, Eliano Reijnders memiliki keturunan Indonesia dari ibu dan kakeknya yang berasal dari Jakarta.

“Halo Indonesia, saya siap gabung dengan tim nasional, saya tidak sabar, sampai jumpa di sana. Saya cinta Indonesia,” kata Eliano.

Kakek Eliano Reijnders, Jantje Lekatompessy, lahir di Meester Cornelis (Jatinegara) Jakarta pada 29 Desember 1947, sementara ibunya, Angelina Syane Lekatimpessy, lahir di Jakarta pada 18 November 1976. Eliano juga memiliki istri keturunan Indonesia.