RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Induk organisasi sepakbola dunia, FIFA menyatakan bahwa pemain Go Ahead Eagles, Mats Deijl tidak memenuhi syarat untuk dinaturalisasi dan bermain untuk timnas Malaysia.

Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) mengumumkan bahwa Deijl tidak dapat dinaturalisasi untuk bermain bersama Harimau Malaya karena hubungan darahnya dengan Malaysia tidak melalui jalur keturunan kakek dan nenek sesuai dengan peraturan FIFA.

“Berdasarkan dokumen yang terlampir, diketahui pemain berusia 27 tahun itu hanya memiliki darah Malaysia melalui nenek moyangnya dan bukan melalui kakek dan nenek,” tulis pernyataan FAM dalam keterangan resminya, Selasa (1/10/2024).

Sebelumnya, Deijl menunjukkan minatnya untuk membela Malaysia dan proses naturalisasi untuk pemain berusia 27 tahun itu telah dimulai setelah informasi mengenai asal-usul Malaysia sang pemain.

Proses ini dimulai sejak 27 Juni 2024 dan FAM telah melakukan pembicaraan dengan klub, agen, dan Deijl untuk memperlancar proses naturalisasi.

Setelah penelusuran dilakukan, diketahui bahwa Deijl memiliki keturunan Malaysia melalui ibu dari kakeknya. Nenek moyang Deijl lahir di Singapura pada 24 Juni 1893, saat Singapura masih menjadi bagian dari Malaysia.

FAM kemudian menghubungi FIFA untuk meresmikan rencana naturalisasi ini dan korespondensi dilakukan pada 23 September 2024.

Namun, dalam waktu dua hari, FIFA memberikan balasan melalui surat yang menyatakan bahwa Deijl tidak memenuhi syarat untuk dinaturalisasi dan bermain untuk timnas Malaysia.

“FAM tetap berterima kasih kepada pemain tersebut atas minat dan tekad yang ditunjukkannya untuk mewakili timnas Malaysia. Namun hal itu tidak bisa diwujudkan,” lanjut FAM.

Saat ini, Mats Deijl bermain untuk Go Ahead Eagles di Liga Belanda dan telah tampil dalam tujuh pertandingan di Eredivisie musim ini.