RAKYAT.NEWS,JAKARTA – Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta mengadakan serangkaian kegiatan menarik.

salah satunya adalah Lomba Foto serta program Sapa Pelanggan yang bertujuan untuk mengedukasi sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pelestarian batik sebagai warisan budaya Indonesia.

Kegiatan ini menjadi ajang bagi masyarakat, khususnya para penumpang kereta api, untuk mengeksplorasi dan mengabadikan momen-momen unik serta mengesankan di stasiun atau di atas kereta.

Melalui karya fotografi, peserta diajak untuk tidak hanya berkreasi, tetapi juga berkontribusi dalam melestarikan budaya bangsa.

Ixfan Hendriwintoko Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat lebih mengenal batik sebagai salah satu identitas bangsa.

“Melalui lomba foto ini, kami berharap masyarakat dapat mengekspresikan kecintaannya terhadap batik dan mengabadikan momen-momen berharga di stasiun atau di dalam kereta api,” ujarnya dari Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Ixfan mengingatkan kembali, bahwa Lomba Foto ini sebelumnya telah dibuka 15 September lalu dan berakhir 27 September 2024.

Para peserta diminta mengunggah karya terbaik mereka ke media sosial dengan hashtag yang telah ditentukan. Selanjutnya, pengumuman pemenang akan dilakukan pada 2 Oktober 2024, bertepatan dengan Hari Batik Nasional, melalui akun Instagram resmi @KAI121_ dan @keretaapikita.

“Sebanyak 3 pemenang utama dengan foto terbaik akan mendapatkan masing-masing 2 tiket Kereta Api Eksekutif PP, sementara 3 pemenang hiburan akan mendapatkan merchandise menarik dari KAI,” kata Ixfan.

Selain lomba foto, program Sapa Pelanggan juga diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada para pengguna kereta api.

Petugas stasiun yang mengenakan batik menyambut pelanggan dengan ramah sambil memberikan edukasi mengenai sejarah dan makna batik.