RAKYAT NEWS, JAKARTA – Timnas Indonesia telah mendapatkan 4,39 poin dalam peringkat FIFA setelah bermain imbang 2-2 dengan kontroversial oleh Bahrain dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Indonesia hampir memenangkan pertandingan di markas Bahrain. Meskipun unggul 2-1 hingga delapan menit injury time, kemungkinan kemenangan Timnas Indonesia pupus ketika Bahrain mencetak gol penyama kedudukan melalui Mohamed Marhoon pada menit kesembilan.

Menurut data Footy Rankings, Indonesia mendapat kenaikan 4,39 poin dalam peringkat FIFA. Namun, peringkat Timnas Indonesia tetap tidak berubah, masih berada di peringkat 129 dunia.

Sementara itu, Bahrain mengalami penurunan yang cukup signifikan dalam peringkat FIFA, turun dua posisi. Tim yang dilatih oleh Dragan Talajic kini berada di peringkat 78 dunia setelah kehilangan 4,39 poin.

Pertandingan Bahrain vs Indonesia berakhir dengan kontroversi. Tim dan official Timnas Indonesia kecewa dengan keputusan wasit asal Oman, Ahmed Al Kaf, yang membuat pertandingan berjalan hingga 100 menit meskipun tambahan waktu yang seharusnya hanya enam menit.

Kemenangan yang hampir diraih Timnas Indonesia akhirnya sirna setelah Bahrain berhasil menyamakan 2-2 melalui Mohamed Marhoon saat injury time mencapai sembilan menit.

Kontroversi tersebut juga memicu kekecewaan dari PSSI terhadap keputusan wasit. Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga bahkan menyatakan bahwa PSSI akan mengajukan protes resmi ke AFC.

“Ya kita kirim surat protes. Kita sangat kecewa dengan kepemimpinan wasit. [Wasit diduga] seperti menambah waktu sampai Bahrain menciptakan gol,” ucap Arya.

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan bertanding melawan China dalam babak lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Qingdao, China, pada Selasa (15/10).