RAKYAT NEWS, JAKARTA – Partai PDIP tidak memiliki perwakilan di antara 49 calon menteri yang datang ke kediaman Presiden terpilih Prabowo Subianto. PDIP memberikan tanggapan terkait hal ini.

Juru bicara PDIP, Chico Hakim menyatakan bahwa belum ada keputusan mengenai calon menteri dari PDIP untuk kabinet Prabowo-Gibran Rakabuming.

Keputusan tersebut akan ditentukan setelah pertemuan antara Prabowo dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Kita tunggu pertemuan antara Ibu Mega dan Pak Prabowo,” ujar Chico, dikutip dari detiknews, Senin (14/10/2024).

Chico tidak merinci kapan pertemuan antara Megawati dan Prabowo akan dilaksanakan. Namun, pelantikan Prabowo sebagai presiden dijadwalkan pada 20 Oktober 2024.

Sebelumnya, Prabowo Subianto, Presiden terpilih, telah memanggil sejumlah calon menteri ke rumahnya. Namun, tidak terlihat tokoh dari PDIP maupun PKS. Bagaimana tanggapan Prabowo?

“Insyaallah, insyaallah,” kata Prabowo, di kediamannya, Jl Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10).

Dia mengatakan hari ini proses konfirmasi kepada para calon menteri. Tercatat ada 49 tokoh yang datang memenuhi panggilan Prabowo.

Prabowo menyatakan bahwa hari ini merupakan proses konfirmasi kepada para calon menteri. Terdapat 49 tokoh yang datang merespons panggilan Prabowo.

“Besok masih ada lagi proses,” katanya

Sementara itu, Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad awalnya mengatakan bahwa Prabowo telah memanggil calon menteri pada hari itu. Ia juga menyebut bahwa Prabowo akan memanggil calon wakil menteri dan kepala badan selanjutnya.

“Ya hari ini untuk acara mengundang calon-calon menteri telah selesai. Masih ada 1-2 yang akan dilanjut dengan wamen, dan kepala-kepala badan pada besok hari,” ujar Dasco di kediaman Prabowo, Senin (14/10).

Dasco tidak ingin membahas kemungkinan calon menteri dari PDIP. Ia meminta publik untuk menunggu kabar lebih lanjut esok hari.

“Nanti lihat besok lah ya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dasco mengungkapkan bahwa acara pembekalan calon menteri akan diselenggarakan di Hambalang pada Rabu (16/10) mendatang.

“Tanggal 16,” katanya.