RAKYAT.NEWS, JAKARTATimnas  Indonesia bakal mengikuti ASEAN Cup 2024, atau yang dikenal sebagai Piala AFF pada tanggal 8 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, dan akan diikuti oleh 10 tim peserta.

Dalam ajang ini, Indonesia tergabung dalam Grup B, yang diisi oleh Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Laos. Indonesia dan Vietnam dianggap sebagai favorit untuk melaju ke babak berikutnya.

Sementara di Grup A diisi oleh Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja, dan Timor Leste yang mengalahkan Brunei Darussalam dengan agregat 1-0 dalam babak playoff.

Seperti pada format sebelumnya, dua tim terbaik dari masing-masing grup akan melaju ke babak semifinal. Juara Grup A akan bertemu runner-up Grup B, sementara juara Grup B akan berhadapan dengan runner-up Grup A.

Babak semifinal hingga final akan menggunakan format sistem dua leg, dimana setiap tim akan bermain di kandang dan tandang secara bergantian.

Timnas Indonesia akan tetap dikomandoi oleh Shin Tae Yong (STY) karena jadwal putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 mengalami penundaan.

Pria kelahiran Korea Selatan 54 tahun yang lalu itu kemungkinan akan memilih pemain U-23 karena sulitnya untuk memanggil pemain keturunan yang bermain di Eropa ke dalam tim. Hal ini disebabkan karena Piala AFF tidak termasuk dalam kalender resmi FIFA.

Piala AFF 2024 dijadwalkan akan dimulai pada 8 Desember 2024. Awalnya, turnamen dua tahunan di Asia Tenggara ini direncanakan akan dimulai pada 23 November dengan sistem pertandingan kandang-tandang.

Timnas Indonesia akan memulai pertandingan Piala AFF 2024 dengan melawan Myanmar di laga tandang pada 9 Desember. Kemudian, mereka akan menjadi tuan rumah saat melawan Laos pada 12 Desember.

Berikut Daftar Negara Peserta Piala AFF 2024

Grup A
1. Thailand
2. Malaysia
3. Singapura
4. Kamboja
5. Timor Leste.