RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Jay Idzes dan Iver Janner dipastikan tidak bisa bermain bersama Timnas Indonesia dalam pertandingan melawan Jepang pada 15 November 2024 mendatang karena terkena akumulasi kartu kuning.

Kartu kuning pertama Idzes selama Kualifikasi Piala Dunia 2026 diterima ketika melawan Vietnam di Hanoi pada 26 Maret 2024. Saat itu, Idzes juga mencetak gol dalam kemenangan 3-0.

Sementara kartu kartu kuning keduanya didapatkan saat melawan China (15/10). Kartu kuning diberikan kepada Idzes pada menit ke-90+8.

Selain Idzes, pemain lain yang akan absen dalam pertandingan Indonesia menghadapi Jepang adalah Ivar Jenner, karena juga mendapat dua kartu kuning dalam dua pertandingan terakhir.

Pemain berusia 22 tahun ini mendapat kartu kuning pada menit ke-41 saat melawan China (15/10) dan kartu kuning di menit ke-90+9 saat melawan Bahrain (10/10).

Berdasarkan regulasi Kualifikasi Piala Dunia 2026, yang dikenal sebagai ‘FIFA World Cup 2026 Preliminary Competition’, pemain yang mendapat dua kartu kuning wajib absen dalam satu pertandingan.

Aturan ini tercantum dalam bagian ‘Prosedur Disiplin’, tepatnya pada pasal 9 tentang kartu kuning dan kartu merah. Penjelasan tentang kartu kuning terdapat pada ayat ketiga dengan sangat jelas.

“Jika pemain atau staf tim menerima dua peringatan (kartu kuning) dalam satu pertandingan atau dalam dua kompetisi berbeda, otomatis ditangguhkan dari pertandingan berikutnya,” bunyi aturan tersebut.

Meskipun Jenner absen, masih ada Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, dan Ricky Kambuaya yang siap bermain. Dua pemain pertama sering menjadi pilihan utama dalam tim.

Berbeda dengan Idzes, sejak debutnya melawan Vietnam di Jakarta, Idzes telah menjadi bagian tak tergantikan. Bahkan, Idzes dapat dikatakan sebagai bagian penting dalam pertahanan Skuad asuhan Shin Tae-yong.

Oleh karena itu, strategi cerdas Shin Tae-yong akan diuji saat melawan Jepang tanpa kehadiran dua pilarnya yakni Jay Idzes dan Ivar.