Sementara itu, Kadis Kesehatan, dr. Wahyuni AS dalam pemaparannya menyampaikan dalam pelayanan vaksinasi di Kabupaten Bulukumba terdapat 23 unit layanan vaksinasi, yang terdiri dari 20 puskesmas ditambah dengan posko di Kodim, Polres dan RSUD. Jumlah vaksinator sebanyak 228 orang, dimana rata-rata kemampuan melakukan vaksinasi oleh 1 tim (terdiri dari 12 orang) maksimal 200 orang per hari.

“Sebenarnya ketersedian vaksin saat ini cukup, namun partisipasi masyarakat untuk mendatangi tempat pelayanan masih rendah,” ungkapnya.

Padahal dulu, lanjutnya di awal mulanya vaksinasi Covid 19 justru ketersediaan vaksin terbatas, sehingga jadwal pelaksanaan vaksin kadang tertunda.

Menurutnya, selama ini, kebanyakan masyarakat yang mendatangi tempat pelayanan vaksin masih pada golongan yang membutuhkan terkait dengan pemberlakukan aturan PPKM

“Jadi masih sangat dibutukan penyadaran akan pentingnya vaksinasi. Juga pentingnya tokoh masyarakat memberikan contoh dan membantu meluruskan informasi hoax mengenai dampak vaksinasi,” pinta mantan Direktur RSUD Andi Sulthan Daeng Radja ini.

Tampak hadir dalam rapat monev tersebut para camat dan kepala Puskesmas se- Kabupaten Bulukumba.