MAKASSAR – Ketua Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan, Vera Firdaus, memimpin rapat kerja terkait rencana bisnis PT Sulsel Citra Indonesia (SCI) atau Perseroda Sulsel di ruang rapat komisi. Dalam rapat kerja Perseroda Sulsel meminta anggaran 30 Miliar untuk pengembangan.

Baca Juga HUT Sulsel ke-352 Tahun, Plt Gubernur Fokus Penyelamatan Aset

Vera menjelaskan sesuai peraturan daerah (Perda) pembentukan PT SCI, Pemprov Sulsel menyertakan modal hingga 1 Miliar. Menurutnya modal bukan berarti dalam bentuk anggaran dana langsung bisa juga penyertaan modal dalam bentuk aset.

“Sesuai amanat Perda pembentukan Perseroda bahwa pemerintah Provinsi dalam penyertaan modal bisa sampai Rp.1 triliun tapi tidak harus dalam bentuk dana cair, bisa dalam bentuk aset dan saat ini baru sekitar 285 Miliar penyertaan modalnya Pemprov Sulsel tapi dalam bentuk aset belum ada dalam bentuk uang,” katanya saat diwawancara awak media rakyat.news, senin (18/10/2021)

Lanjut ia mengatakan permintaan penyertaan modal Perseroda Sulsel sebanyak 30 Miliar mesti menyesuaikan keuangan Pemprov serta jelas dalam peruntukannya.

“Tapi tidak serta-merta juga, kalaupun kami menyetujui hal itu dengan membuatkan Ranperda penyertaan modal, angkanya kan tergantung dari kondisi keuangan Pemprov Sulsel kedua, kami harus memastikan bahwa dana itu tepat peruntukannya, kami harus meminta dulu apa yang akan dia lakukan dengan dana yang kami berikan, berapa besar kontribusinya terhadap Pendapatan Anggaran Daerah (PAD),” ungkapnya

Terpisah Dirut PT SCI, Yasir Mahmud mengatakan selama 11 tahun berdirinya perusda. Pemprov Sulsel belum pernah menyertakan modal. Olehnya itu SCI meminta anggaran 30 M untuk pengembangan.

“Dana yang 30 M itu untuk modal kerja karena sebagaimana kita ketahui sebelumnya bahwa PT SCI ini adalah Perusda, selama kurang lebih 11 tahun belum pernah mendapatkan penyertaan modal jadi peruntukan yang 30 M itu diantaranya untuk modal kerja untuk jagung, insinerator, dan pembentukan-pembentukan anak perusahaan,” ungkapnya