DPRD Makassar

Tahun Ini, Bidang Cipta Karya Sediakan Sarana Air Minum Secara Gratis pada 6 Desa di Jeneponto

  • Bagikan
IMG 20211028 WA0002

JENEPONTO – Tahun ini Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Jeneponto menyediakan sarana air minum di sejumlah titik yang tersebar pada 6 Desa di Kabupaten Jeneponto.

Program pemberdayaan sarana air minum secara gratis tersebut terdapat di Desa Balang Baru, Desa Lentu, Desa Pallantikang, Desa Kapita, Desa Punagayya dan Desa Mallasoro.

Dana penyediaan sarana air minum dengan program swakelola yang dikerjakan oleh kelompok masyarakat tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2021.

Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Jeneponto Saharuddin, S. ST, Rabu (27/10/2021) malam kepada media ini mengungkapkan program Penyediaan Air Minum merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan akses penduduk pedesaan terhadap fasilitas air minum dengan pendekatan berbasis masyarakat.

IMG 20211027 WA0025

Program ini dilakukan untuk mendukung dua agenda nasional, yaitu untuk meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum yang aman dan layak secara berkelanjutan, kata Saharuddin

Ia menambahkan setelah terbangunnya sarana dan prasarana air minum ini diharapkan masyarakat dapat melakukan pemeliharaan dan pengelolaan, sehingga sarana tetap berfungsi dengan baik.

“Hal tersebut menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah desa, masyarakat, sehingga sarana tetap berfungsi dengan baik,” imbuh Saharuddin.

Saharuddin menyebutkan bahwa dengan penyediaan sarana air minum dari sumur bor tersebut saat ini dengan layanan akses aman sambungan gratis setiap desa masing-masing 105 Sambungan Rumah (SR) yang sudah di nikmati oleh warga.

Sulaiman, seorang warga Desa Punagayya yang merupakan pemanfaat, merasa bersyukur dengan adanya bantuan sarana air minum dari pemerintah yakni Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Jeneponto.

IMG 20211027 WA0023

Sulaiman mengungkapkan rasa syukur yang tak terhingga karena terwujudnya kerinduan air minum yang bisa menjangkau sampai ke rumah.

“Insya Allah fasilitas ini akan kami manfaatkan bersama keluarga, kami akan menjaga dan memelihara sarana yang ada,” ucap Sulaiman.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Jeneponto Muh Arifin Nur mengapresiasi kinerja Bidang Cipta Karya yang telah berhasil menyediakan sarana air minum ditengah masyarakat merindukan air yang layak.

Oleh karena itu, Arifin berharap dengan adanya sarana air minum tersebut agar dapat di manfaatkan dengan baik termasuk memelihara dan menjaga sarana dan prasarana tersebut, pungkasnya. (**)

 

 

  • Bagikan

Makassar Recover

Makassar Recover