ACEH – Panglima TNI, Marsekal TNI, Hadi Tjahjanto mengingatkan, protokol kesehatan (Prokes) merupakan kunci melaksanakan fase relaksasi pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga :Satgas TNI Harap Pramuka Jadi Contoh Bagi Masyarakat

“Saya bersama Kapolri mengingatkan, protokol kesehatan adalah kunci saat kita melaksanakan fase relaksasi,” ucapnya, Selasa (2/11/2021).

Indonesia tidak boleh lengah dengan kasus Covid-19 yang cukup rendah saat ini.

“Negara-negara lain sudah membuktikan, saat kasus rendah dan tidak lagi disiplin protokol kesehatan, maka terjadi lagi lonjakan kasus,” ujarnya.

Ini terjadi karena, proses relaksasi di negara lain tidak menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Akibatnya, walaupun vaksinasi sudah dilaksanakan secara masif, lonjakan kasus masih terjadi, artinya disiplin protokol kesehatan 3M adalah kunci dari penanganan pandemi,” paparnya.

Dalam rapat bersama Forkopimda se-wilayah Aceh, Marsekal Panglima TNI berharap, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Aceh memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya vaksinasi Covid-19, kerena vaksin adalah salah satu upaya yang saat ini harus lebih dioptimalkan dalam menekan pandemi.

“Vaksin perlu mendapat perhatian, karena sampai saat ini, ada masyarakat yang belum percaya vaksin dan masih ada masyarakat yang takut untuk divaksin,” tuturnya.

Hadi juga mengimbau, tetap disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan. 3M sudah tidak lagi dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

“Memakai masker, menjag jarak, dan mencuci tangan dengan sabun sudah menjadi bagian dari kebutuhan,” tutupnya.