Makassar, Rakyat News – Institusi pendidikan tinggi perlu meningkatkan suasana akademiknya. Kegiatan yang dapat mendorong membaiknya suasana akademik harus dibuat terencana, sistematis dan berkala.

FKM Universitas Hasanuddin sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia terus meningkatkan kualitas suasana akademiknya. Menurut Prof. Dr. Ridwan Amiruddin selaku Ketua Gugus Penjaminan Mutu Fakultas, kegiatan peningkatan suasana akademik harus dibuat terjadwal, dilakukan secara rutin, bukan hanya pada momentum tertentu. “Selama ini, kegiatan seminar dan pelatihan menumpuk pada momentum dies natalis. Padahal, kita sangat butuh kegiatannya secara berkelanjutan”, kata Prof. Ridwan.

Dalam kaitan itu, FKM Unhas meluncurkan kembali Public Health Seminar Series (PHSS) pada hari Kamis (8/3/18) di Ruangan Senat. Kegiatan yang dibuka oleh Prof. Dr. dr. Budu selaku Wakil Rektor IV ini tampak meriah dan dihadiri oleh dosen dan mahasiswa FKM Unhas dari jenjang S1, S2 dan S3. Prof. Budu hadir bersama Prof. Dr. Sudirman selaku Direktur Inovasi dan Pengembangan Riset. Unit Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Jurnal Internasional (UP2JI) bertanggung jawab menyelenggarakan kegiatan ini secara rutin.

Kegiatan ini diharapkan meningkatkan kualitas riset dosen dan mahasiswa. Dalam sambutannya, Wakil Rektor IV berharap agar setiap kegiatan penelitian, selain disosialisasikan melalui kegiatan seminar, juga agar dipublikasi pada jurnal terindeks Scopus.

Sementara itu, Wakil Dekan II FKM Unhas yang mewakili Dekan yang sedang berada di Afrika menyambut baik dan akan terus memfasilitasi kegiatan ini. “Kegiatan ini pernah berjalan baik pada masa kepemimpinan Prof. Veni Hadju selaku dekan. Namun terhenti dan sekarang kita galakkan lagi, setelah ditugaskan kepada UP2JI untuk menanganinya”, tegas Dr. Indahwaty Sidin.

Kegiatan PHSS ini terbuka untuk sivitas akademika FKM Unhas dan umum. Jadwal seminar series telah disusun untuk satu semester ke depan. “Bagi mahasiswa dan dosen yang berminat hadir, dapat melihat topik-topik seminar di website FKM hingga satu semester ke depan. PHSS ini dilaksanakan setiap hari Kamis, pekan kedua dan keempat setiap bulannya, mulai jam 13.00-15.00”, kata Yahya Thamrin, Ph.D selaku ketua UP2JI sebagai penanggung jawab kegiatan. Yahya melanjutkan bahwa hari ini kita canangkan sebagai Thursday is a research day di FKM Unhas. Prof. Sukri Palutturi, PhD selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni turut hadir dalam launching seminar seri tersebut. (*)